Selamat Berkunjung Di Depokangenpobiswasila...Rubah Air Anda...Rubah Hidup Anda...

Penyakit Ginjal dan Penyebabnya

0 komentar

Ginjal adalah organ ekskresi yang berbentuk seperti kacang merah dan berukuran sekitar 11 X 7 X 6 Cm3. Organ ini berfungsi menyaring kotoran, terutama urea, dari dalam darah sekaligus membyangnya bersama dengan air dalam bentuk urine. Selain itu, ginjal juga berfungsi menjaga keseimbangan asam an basa serta penghasil hormone.
Ginjal merupakan organ yang memiliki kemampuan luara biasa. Sebuah referensi menjelaskan bahwa ginjal mampu menyaring zat-zat yang tidak terpakai sisa metabolisme tubuh. Setiap hari, ginjal memproses darah dan menghasilkan sejumlah limbah serta ekstracairan yang berlebih dalam bentuk urine. Selanjutnya, urine dialirkan menuju kandung kemih melalui ureter dan disimpan dalam kandung kemih sebelum dikeluarkan saat
buang air kecil.
Selain itu, ginjal juga menyaring intake makanan sekaligus mengeluarkan molekul-molekul yang tidak terpakai dalam bentuk toksin (racun). Apabila fungsi ginjal terganggu, toksin di dalam darah menumpuk, sehingga menyebabkan berbagai  gangguan kesehatan tubuh.
Ginjal terdiri dari struktur pembuluh darah dan unit penyaring. Proses penyaringan terjadi pada bagian kecil didalam ginjal yang disebut nefron. Setiapp ginjal memiliki 1 miliar nefron. Pada nefron terdapat pembuluh-pembuluh darah kecil yang jalin – menjalin dengan saluran-saluran yang kecil ( tribulus ). Ginjal merupakan “pabrik” penghasil tiga hormone penting yaitu eritropitein, rennin, dan bentuk aktif vitamin D (kalsitriol).
Organ ini terletak disebelah kanan dan kiri tulang belakang dibawah hati dan limpa.
Ginjal orang dewasa berukuran sekitar 11 cm, tebal 5 cm dan berat 150 grm.

Penyakit Gagal Ginjal
Penyakit gagal ginjal disebabkan oleh fungsi organ ginjal yang mengalami penurunan, sehingga tidak dapat menyaring pembuangan elektrolit tubuh.Selain itu, organ ini juga tidak dapat menjaga keseimbangan antara cairan dan zat kimia tubuh, seperti sodium dan kalium di dalam darah atau produksi urine.
Bia jadi ginjal seseorang tidak berfungsi secara mendadak yang disebut dengan acute renal failure. Biasanya penyekit terbut dapat disembuhkan dengan obat-obatan dan dialysis atau cuci darah.
Jika proses pembersihan ginjal sukses, penderita bisa sembuh kembali dan ginjal pun berfungsi secara normal. Pada umumnya, gagal ginjal terjadi secara perlahan – lahansecara bertahun-tahun. Dengan begitu, bila tanda-tanda penyakit ini terdeksi secara dini, penderita dapat ditolong dengan segerapenyakit ini tidak menular, namun menyebabkan kematian. Bahkan sebagian besar penderita tidak merasakan keluhan apapun sebelum ia kehilangan 90% fungsi ginjal. Penyakit ini dapat  menyerang siapapun, terlebih penderita penyakit serius atau luka yang berdampak terhadap fungsi ginjal secara langsung. Penyakit gagal ginjal lebih sering dialami oleh orang dewasa, terutama lansia.
Penyakit Gagal Ginajal dibagi menjadi 2 yaitu Gagal Ginjal Akut dan Gagal Ginjal Kronis.
  1. Gagal Ginjal Akut ( GGA)
Penyakit Gagal Ginjal AKut terjadi akibat adanya kelainan ginjal secara kompleks, sehingga kemampuannya dalam membersihkan bahan-bahan racun di dalam darah menjadi menurun. Hal tersebut menyebabkan terjadinya penimbunan limbah metabolis di dalam darah. Penyakit ini juga disebabkan oleh berbagai kondisi yag mengakibatkan aliran darah ke ginjal menjadi berkurang, aliran kemih dari ginjal tersumbat, dan trauma pada ginjal. Kondisi tersebut ditandai dengan peningkatan kreatinin darah sebanyak 0,5 mg/dl per hari dan peningkatan ureum 10-20 mg/dl per hari. Hanya dalam hitungan jam, penderita penyakit ini menjadi semakin parah. Karena terjadi peningkatan kadar BUN dan kreatinin plasma, pengeluaran urine dapat berkurang dari 40 ml per jam,bertambah, dan kadang kala tetap normal.
  1. Gagal Ginjal Kronis
Gagal ginjal kronis adalah proses kerusakan ginjal selama rentang waktu lebih dari tiga bulan. Gagal ginjal kronis dapat menimbulkan simtoma, yaitu laju filtrasi glomerular berada di bawah 60 ml/men/1.73 m2, atau di atas nilai tersebut dissertai dengan kelainan sediment urine. Selain itu, adanya batu ginjal juga dapat menjadi indikasi gagal ginjal kronis  pada penderita kelainan bawaan, seperti hioeroksaluria dan sistinuria.
Pada penderita gagal ginjal kronis terjadi penurunan fungsi ginjal secara perlahan – lahan. Dengan demikian, gagal ginjal merupakan stadium terberat dari gagal ginjal kronis. Oleh karena itu, penderita harus menjalani terapi pengganti ginjal, yaitu cuci darah ( hemodialisis ) atau cangkok ginjal yang ememrlukan biaya mahal.

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal
Selain hal – hal yang disebutkan diatas, masih ada banyak factor penyebab penyakit gagal ginjal.
Penyebab Gagal Ginjal Akut:
·         Berkurangnya aliran darah ke ginjal yang disebabkan antara lain kekurangan darah akibat pendarahan, daya pompa jantung menurun, tekanan darah sangat rendah, kegagalan fungsi hati.
·         Terjadi penyumbatan aliran kemih disebabkan oleh beberapa hal, antara lain pembesaran prostat dan adanya tumor yang menekan saluran kemih.
·         Trauma pada ginjal, disebabkan adnya reaksi alergi, zat-zat racun, keadaan yang mempengaruhi unit penyaringan ginjal  (nefron0, penyumbtaan arteri atau vena di ginjal, dan adanya kristal, protein, atau bahan lainnya yang berada di dalam ginjal.
Penyebab Gagal Ginjal Kronis.
Beberapa penyebab penyakit gagal ginjal kronis adalah :
·                     Tekanan darah tinggi
·                     Penyumbatan saluran kemih
·                     Kelainan ginjal, misalnya penyakit ginjal polikistik.
·                     Diabetes Melitus
·                     Kelainan Autoimun, ,misalnya lupus eritematosus sistemik
·                     Penyakit pembuluh darah
·                     Bekuan darah pada ginjal
·                     Cedera pada jaringan ginjal dan sel-sel
·                     Glomerulonefritis
·                     Nefritis interstisial akut dan akut tubular nekrosis
Dari total kasus penyakit gagal ginjal, sebanyak 65% disebabkan oleh penyakit diabetes dan hipertensi.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua penyakit ini ( hipertensi dan diabetus ) merupakan penyebab utama ginjal kronis. Selain itu penyakit gagal ginjal kronis juga disebabkan oleh beberapa penyakit lain, seperti glomerulonefritis, ginjal polikistik, atau penyekit yang emnyebabkan penyumbatan pada ginjal. Infeksi pada ginjal dan batu ginjal juga menyebabkan penyakit gagal ginjal kronis.
Seperti halnya hipertensi, penyakit gagal ginjal kronis termasuk silent killer, yaitu penyakit mematikan yang tidak menimbulkan gejala peringatan dini. Awalnya penyakit ini bisa bermula dari hal-hal sepele, misalnya dehidrasi ( kurang minum) sehingga membuat tubuh rawan terkena infeksi saluran kemih. Kemudian kondisi ini berkembang menjadi infeksi ginjal. Perlu diingat bahwa kaum wanita sangat rawan terkena infeksi saluran kemih karena konstruksi alat kelaminnya yang terbuka.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : | | | |
Copyright © 2011. Depokangenpobiswasila - All Rights Reserved
Template Created by